Sabtu, 16 Maret 2013

Sehat di Tengah Kesibukan



Bismillahirrahmaanirrahiim 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Meneruskan artikel bulan kemarin yang bertema "Kesibukan dan Amanah", kali ini, kita akan membahas kesehatan. Apa hubungannya?? Jadi, biasanya kalo kita lagi sibuk-sibuknya, lupa makan, lupa olahraga, lupa semuanya. Apa kabar badan kita? Yup, makanya meskipun kita lagi sibuk nih, (sok sibuk haha :D) kita harus tetep menjaga kesehatan tubuh kita. Jika kita tidak menjaganya, malah sakit, dan tugas-tugas kita jadi keteteran. Gamau kaaan?? Apalagi sekarang cuacanya sedang kurang baik untuk kesehatan kita.

Jadi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan:

Yang pertama adalah dengan tidak melupakan sarapan.
Sarapan memang sederhana, relatif mudah disiapkan dan tidak memakan waktu lama. Meski demikian, manfaatnya bagi tubuh sangat besar. Alasannya, pada pagi hari, energi yang tersisa untuk beraktifitas boleh dikatakan minim. Hal tersebut lantaran ketika tidur selama sekitar delapan jam pada malam hari, energi tersebut digunakan untuk tetap membuat organ-organ seperti jantung dan paru-paru tetap bekerja.
Untuk mendapat manfaat yang optimal, kandungan gizi dalam menu sarapan juga tentu tidak bisa dianggap sepele. Sebagai saran, roti isi bisa jadi menu sarapan sehat.

Berikutnya, jangan lupa minum air mineral.
Hal ini dimaksudkan agar kebutuhan tubuh akan mineral seperti kalsium dan kalium dapat dipenuhi. Menurut badan kesehatan dunia (WHO), terdapat 21 elemen mineral yang esensial bagi manusia. Disebut esensial berarti mineral tersebut tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh. Untuk mendapatkannya adalah dengan mengkonsumsinya dari luar, salah satunya dari air mineral.

Langkah berikutnya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan

Anda bisa membawa beberapa buah dan mengkonsumsi saat bekerja atau dalam perjalanan menuju kantor.

Terakhir, luangkan waktu untuk melakukan olahraga atau aktifitas fisik

Hal ini pun bisa dilakukan di tempat kerja, misalnya dengan beranjak dari tempat duduk untuk meregangkan otot. Cara lain adalah menggunakan tangga kalau tempat yang dituju berada hanya satu atau dua tingkat di atas atau di bawah. Selain itu ada beberapa olahraga yang efektif untuk menjaga kebugaran tubuh, diantaranya:

1. Lari  
Lari didefinisikan dalam istilah olahraga sebagai gerakan tubuh (gait) di mana pada suatu saat semua kaki tidak menginjak tanah. Lari adalah salah satu bentuk latihan aerobik dan latihan anaerobik. Lari berguna untuk menjaga sistem pencernaan sehingga bentuk tubuh dan kebugaran tetap terjaga. Manfaat yang lain adalah memperkuat pernafasan, mengencangkan otot kaki, menetralkan depresi, dan meningkatkan kapasitas kerja. Lari juga pembakar kalori terbaik, yaitu 500-800 kalori per jam.

2. Yoga
Yoga adalah sistem kesehatan menyeluruh (holistik) yang terbentuk dari kebudayaan India kuno sejak 300SM lalu. Yoga termasuk dalam olahraga bentuk non-aerobik
Olahraga ini bertujuan untuk membuat lentur, relaks, menguatkan tubuh secara total, melatih fleksibilitas, keseimbangan tubuh dan koordinasi serta dimanfaatkan sebagai alat untuk bermeditasi



3. Bersepeda
Bersepeda termasuk olahraga aerobik serta latihan kardiovaskular yang efektif. Manfaat olahraga antara lain, manjaga ukuran pinggang, melatih jantung, melatih paru-paru, dan melancarkan sistem peredaran darah. Bersepeda dengan jarak 10 mil dapat membakar 600 kalori dalam 50-60 menit. Idealnya latihan bersepeda dilakukan selama 20 hingga 60 menit sehari

4. Angakat Beban

Angkat beban merupakan salah satu olahraga yang fleksibel, dapat dilakukan dimanapun, menjadi pilihan bagi para selebritis dengan jadwal yang padat. Alat yang digunakan berupa botol air mineral 1,5 liter, barbell, ataupun beban lain yang aman. Olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan otot, energi dan metabolisme. Sifatnya yang intensif dan memerlukan konsentrasi tinggi juga dapat meredakan stres dan mencegah terjadinya osteoporosis. Juga berguna untuk program penurunan berat badan dan pembentukan tubuh yang indah karena latihan mengangkat beban yang rutin dapat mengencangkan otot-otot tubuh sehingga otot tidak mengalami penurunan massa seiring dengan pertambahan usia



5. Hula hoop
Hula hoop sangat efektif membakar kalori dalam jumlah besar dan membuat perut ramping.Nama hula hop diambil dari tarian hula Hawaii mulai populer pada tahun1950-an ketika Alex Tolmer menjual lingkaran plastik di pusat-pusat perbelanjaan. Bermain hulahoop selama satu jam membakar 300-600 kalori. Hula hoop juga melatih bagian kardiovaskular karena meningkatkan denyut jantung hingga 150 kali per menit. Manfaat yang lain membuat perut menjadi rata, memperkuat tulang punggung, membangun dan menguatkan otot punggung bagian bawah dan perut tengah, meningkatkan kekuatan tulang belakang sehingga keseimbangan, postur, dan ketangkasan tubuh lebih baik.
Semoga bermanfaat!



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...