Kamis, 26 Desember 2013

Sekapur Sirih Dari Ketua FIKA 2013

Saudara-saudaraku di jalan Allah…


Allah berfirman dalam Al-Qur’an mengenai salah satu ciri orang-orang mu’min yang beruntung, “Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.”(Al-Mu’minun[23]: 8). Imam Ghozali juga pernah berkata dalam salah satu percakapannya yang legendaris dengan murid-muridnya,

“Apa yang paling berat di dunia ini?”tanya Imam Ghozali. 
Ada yang menjawab “Besi dan gajah...”
“Semua jawaban adalah benar. Tapi yang paling berat adalah memegang amanah” (lihat Al-Ahzab[33]:72).
Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak menyanggupi ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak dapat memegang amanahnya.

Pembaca yang selalu dirahmati Allah…
Kita seharusnya adalah aktivis da’wah, namun ada juga yang malu mengemban predikat ini. Sejatinya berda’wah adalah kewajiban seluruh umat muslim dimanapun kakinya berpijak. Allah berfirman, “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Diantara mereka ada yang beriman,dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.”(Al-Imran[3]:110). Da’wah adalah perintah Allah, tinggal kita memilih mau menjadi aktivis da’wah atau menjadi pasifis da’wah? Kita diberi kebebasan oleh Allah untuk memilih mengikuti jalan kebenaran atau tidak. Orang-orang yang tujuannya adalah surga-Nya niscaya akan selalu mengikuti apa yang diperintahkan Sang Pemilik Surga.

Saudara-saudaraku di jalan Allah…
Ingatkah dengan berita mengenai hari ketika umat manusia berkata kepada Adam ‘alaihisalaam, “Belalah kami di hadapan Tuhanmu. Bukankah anda telah menyaksikan bagaimana pedihnya penderitaan yang kami alami ini”. Adam pun menjawab, “Sesungguhnya pada hari ini Tuhan sangat marah kepadaku. Tidak pernah Dia marah semarah ini. Dia melarangku mendekati sebatang pohon, tetapi aku mendurhakaiNya. Wahai, aku salah! Aku salah! Karena itu pergilah kepada yang lain. Pergilah kepada Nuh!”. Sungguh kelak hari-hari kita akan terasa seperti mimpi. Namun waktu singkat di dunia ini adalah cobaan yang akan menentukan nasib kita berikutnya. Maka bersungguh-sungguhlah menentukan nasib kita. Dengan berda’wah(mendorong, memudahkan) kita melakukan amalan ahli surga. Berda’wahlah, karena orang kafir pun menyebarkan kekafirannya, yang menyebabkan lingkungan akan mengondisikan para penghuninya untuk berbuat kafir kecil maupun besar. Berda’wahlah, karena nikmat hidayah yang kita dapat juga merupakan karunia Allah oleh sebab orang-orang yang berda’wah. Berda’wahlah, karena mendiamkan kemungkaran merupakan sikap meremehkan perintah Allah. Berda’wahlah, karena kita adalah umat terbaik. 

Dari Hudzaifah bin Al-Yaman radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “ Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya! Benar-benar kalian harus memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari yang munkar, atau Allah akan mengirimkan untuk kalian hukuman dari sisi-Nya kemudian kalian pun berdoa kepada-Nya, namun permohonan kalian tak lagi dikabulkan.”(HR Ahmad, dinilai Hasan Al-Albani dalam sahih Al-Jami’ hadists no. 7070. Lihat TAfsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, jilid 2 hal.66). Berda’wahlah dimanapun kita berada dengan lembaga apapun, ataupun sebagai seorang muslim.



Terima kasih teman-teman yang udah bantu di FIKA selama setahun ini. Semoga segala amal baiknya Allah terima sebagai ibadah. Dan da’wah tidak berhenti dengan pergantian kepengurusan, tidak juga berhenti dengan lulusnya kita dari SMA. Memang ada beberapa orang yang cenderung ingin berganti identitas setelah lulus dari SMA, malah ada yang ganti nama(panggilan). Tapi ingatlah seperti apapun dinamika pencarian identitas, kita tetaplah seorang muslim yang harus menaati segala perintah Allah. 

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...