Senin, 23 April 2012

Mengenal Dia


Bismillah,


ehem ehem...Dia siapa yah maksudnya? Hmm…:p
penasaran?????

jeng jeng jeng........!!!!!
Dialah Allah SWT Sang Maha Cinta. Tuhan alam semesta yang selalu memberikan kasih dan sayang kepada setiap hamba-hamba-Nya. Mungkin sering mendengar bahwa cinta Allah pada kita adalah cinta walaupun sedangkan cinta kita pada Allah adalah cinta karena. Untuk dapat mencintai seseorang, terlebih dahulu kita harus mengenal siapa dia, bagaimana sifatnya, karakternya, apa saja yang dia suka dan lain-lain.
Begitupun dalam mencintai Allah. Ada pepatah tak kenal maka ta’aruf. Loh?!. Salah. Hehehe. Maksudnya tak kenal maka tak sayang, tak cinta. Kita harus mengenal Allah dulu. Dalam bahasa arab dikenal istilah Ma’rifatullah. Ma’rifatullah artinya mengenal Allah. Mengenal yang bagaimana? Yakni dengan jalan memahami, merenungkan dan memikirkan. Tidak cukup dengan tahu saja bahwa Allah Tuhan kita Yang Esa.


Berikut ini cara ma’rifatullah:

  • 1.      Mengingat Allah dengan mentadaburi ciptaan-ciptaan-Nya.

Manusia merupakan salah satu ciptaan Allah. Manusia dalam mengenal Allah dapat  dengan memikirkan dirinya. Ketika melihat kedua kaki, oh, sungguh Maha Kuasa Allah itu, telah mienciptakan kedua kaki ini untukku melangkah kemanapun aku mau walaupun kakiku ini pecah-pecah, misalnya. Atau ketika sedang bercermin kemudian melihat hidung, seraya berkata dalam hati betapa Maha Baiknya Allah padaku memberikan hidung yang dapat bernafas menghirup O2 dan mengeluarkan CO2walaupun hidungku ini pesek alias tidak mancung, dan nikmat-nikmat lainnya.
atas
kemudian alam semesta ini. planet-planet berotasi mengelilingi matahari pada orbitnya atas kuasa Allah, bukan? Subhanallah, betapa Maha Kuasanya Allah, Sang Pencipta Langit dan Bumi.

Lalu, jika kita mendekat ke Allah dengan berjalan, maka Allah akan mendekat pada kita dengan berlari. Berlari disini bukan berlari seperti manusia melainkan berkali-kali lipat lebih cepat mendekatnya daripada kita.

Contohnya saat kita mendekat pada Allah dengan memakai kerudung,  maka Allah akan memberikan nikmat berupa terbukanya kebaikan. Jika melihat hal-hal yang tidak baik, kita sudah diberi keyakinan bahwa yang itu salah, yang itu benar. Tentunya kita memilih hal yang cenderung pada kebaikan. Kemudian jika kita melakukan kesalahan, hati kita pasti merasa tidak berkenan, galau bin gelisah.

  • 2.      Mengetahui sifat-sifat Allah SWT

Melalui asmaul husna yang 99 itu dan 20 sifat-Nya. Dalam Al-Qur’an surat Al-Hasyr:24

  • 3.       Merenungi dan mentadaburi ayat-ayat qauliyah


Seberapa pentingkah kita mengenal Allah dan mengapa kita harus mengenal Allah? Sebenarnya untuk apa sih kita kenal sama Allah Sang Pencipta kita?
>Yang pasti adalah untuk beribadah kepada Allah SWT.
>Ma’rifatullah adalah ilmu yang tertinggi yang harus dipahami manusia.
>Dapat mengeluarkan manusia dari kebodohan. Al-An’am:122
>untuk dapat lebih mencintai Allah, seperti yang telah disinggung di bagian awal.

Disamping ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengenal Allah, ada juga yang justru dapat membuat kita tidak bisa dekat dengan-Nya. Apa saja itu??
Check this out!

-          Maksiat
-          Berbuat dzalim
-          Taklid (artinya meniru-niru)
-          Ingkar janji dengan Allah
-          Sombong
-          Merasa lebih baik dari orang lain
-          Lalai
-          Menilai diri sendiri dari kebendaan dan lingkup kebendaan
-          Berbuat kerusakan
-          Keras kepala dan pembangkang

Refleksi untuk diri sendiri untuk mencapai sifat takwa:
1.       Mu’ahadah         : mengingat perjanjian
2.       Muraqabah        : merasakan kesertaan Allah, selalu merasa diawasi Allah
3.       Muhasabah        : perenungan
4.       Mu’aqabah         : asal katanya ‘iqab yg artinya hukuman atau sanksi, pemberian sanksi
5.       Mujahadah         : optimalisasi kemampuan dengan sungguh-sungguh

Sekian. Mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Semoga ini dapat menjadi bahan introspeksi bagi kita semua umat Islam untuk lebih menumbuhkan rasa cinta kita pada Sang Khaliq. Semuanya bilang Aamiin…

(para pembaca:   "Aamiin..............................")

Alhamdulilllah………………………………………………………………….:)




Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...